Minggu, 25 Oktober 2020
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

EVALUASI SAKIP ONLINE 2020

EVALUASI SAKIP ONLINE 2020

Penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka reformasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dan strategis bagi penyelenggaraan suatu negara, karena instansi pemerintah dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya. Dalam pelaksanaan di lapangan, SAKIP juga menguji akuntabilitas seluruh proses yang berlangsung melalui kegiatan evaluasi atas implementasinya sehingga teruji kebenarannya.
Pada tanggal 06 s.d 09 April 2020 telah dilaksanakan penilaian SAKIP oleh tim evaluator dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Penilaian SAKIP kali ini berbeda di banding tahun-tahun sebelumnya. Penilaian di tengah kasus pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online.
Sebelumnya satker mengirim dokumen data dukung melalui e-mail untuk dipelajari oleh tim evaluator. Pada saat penilaian tim evaluator menghubungi satker via telepon. Sebelum Penilaian dilakukan tim evaluator menjelaskan tentang sistem penilaian SAKIP tahun 2019 dilakukan dengan sistem kerangka logis di mana item pertanyaan sebelumnya memengaruhi nilai pertanyaan selanjutnya.
Karena di lakukan secara online, tidak tatap muka maka tentu saja ada beberapa kendala yang di rasakan, seperti suara percakapan yang kurang terdengar atau ketidakjelasan saat tim evaluator saat memberikan pertanyaan.
Dari hasil penilaian SAKIP tahun 2019 KKP Kelas I Tanjung Priok mendapatkan nilai sebesar 90,59 (AA). Penilaian SAKIP tahun 2019 Dibanding penilaian tahun sebelumnya yaitu tahun 2018 sebesar 98,32 mengalami penurunan sebesar 7,73. Banyak hal yang harus ditindaklanjuti seperti adanya catatan atas laporan keuangan di mana masih terdapat asset Barang Milik Negara yang belum dilakukan penghapusan, serta indikator kinerja yang merupakan given dari unit utama untuk seluruh KKP se-indonesia belum berorientasi pada hasil/SMART. Untuk penilaian SAKIP selanjutnya maka perlu upaya tindak lanjut dan di lakukan pembenahan agar tercapainya upaya perbaikan agar dapat mewujudkan Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan ke arah yang lebih baik.

Dokumentasi Desk online Evaluasi SAKIP Tahun 2020

WhatsApp Image 2020 08 05 at 08.25.11

WhatsApp Image 2020 08 05 at 08.25.10 1