Minggu, 25 Oktober 2020
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

PENANGANAN PEMULANAGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI)/WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) DI ASRAMA HAJI PONDOK GEDE

PENANGANAN PEMULANAGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI)/WARGA NEGARA INDONESIA (WNI)
DI ASRAMA HAJI PONDOK GEDE
Oleh: Yufa Zuriya

Sejak ditetapkannya COVID-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia/ Public Health Emergency Impact Concern (PHEIC) atau lebih dikenal dengan istilah pandemi pada tanggal 30 Januari 2020 oleh Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) serta Presiden Jokowi menetapkan COVID-19 sebagai Bencana Non Alam di Indonesia, Pemerintah Indonesia melaui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengeluarkan berbagai kebijakan atau protokol sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Salah satunya yaitu kebijakan atau protokol penanganan pemulangan Pekerja Migran Indonesia Pekerja Migran Indonesia/ Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri pada tanggal 11-31 Mei 2020 di Karantina terlebih dahulu di Asrama Haji Pondok Gede dengan total penerimaan Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 1129 orang. Tim Penanganan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri di Asrama Haji Pondok Gede terdiri dari Subdit Karantina Kesehatan Kemenkes RI, KKP Kelas I Tanjung Priok, KKP Kelas II Banten, BBTKLPP Jakarta, dan TNI.
Adapun kegiatan Penanganan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI)/ Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri di Asrama Haji Pondok Gede, sebagai berikut:
1. Penerimaan Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI)
Pekerja Migran Indonesia (PMI)/ Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta akan di antarkan ke Asrama Haji Pondok Gede menggunakan bus dengan tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak. Sesampainya di Asrama Haji Pondok Gede, Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI) akan dilakukan pendataan untuk selanjutnya di bagikan kamar oleh petugas TNI.
2. Pengambilan Swab
Selain pengambilan swab, Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri juga dilakukan serangkaian pemeriksaan antara lain, wawancara Penyelidikan Epidemiologi (PE), pengukuran suhu tubuh, tensi darah, dan saturasi oleh petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Dalam kegiatan pemeriksaan ini petugas dibagi beberapa tim sesuai dengan jenis pemeriksaan yang dilakukan. Dalam proses pengambilan swab, Tim Asrama Haji Pondok Gede juga turut dibantu oleh Dinkes DKI Jakarta. Sampel pengambilan swab selanjutnya diantar ke Litbangkes Kemenkes RI untuk dilakukan pemeriksaann laboratorium.

IMG 20200806 WA0015

IMG 20200806 WA0017

IMG 20200806 WA0013

3. Desinfeksi
Sebelum membuka APD, petugas yang telah selesai melakukan serangkaian kegiatan pemeriksaan selanjutnya dilakukan desinfeksi dengan tujuan membunuh bakteri/virus yang mungkin menempel saat melakukan pemeriksaan.

IMG 20200806 WA0014
APD dispossible seperti hazmat, sarung tangan, dan masker yang selanjutnya tergolong kedalam sampah medis, dikumpulkan untuk kemudian akan di musnahkan pihak ketiga. Sedangkan APD reusable seperti faceshield dan sepatu boot akan dilakukan desinfeksi sehingga aman untuk digunakan kembali.

IMG 20200806 WA0022

Selain kegiatan kegiatan diatas, Tim juga melakukan kegiatan pengawasan dan pengendalian risiko penyakit, seperti:
1. Pemeriksaan sampel makanan
Pemeriksaan sampel makanan dilakukan oleh Tim food safety BBTKLPP Jakarta meliputi, antara lain pemeriksaan organoleptik dan kimiawi.

2. Desinfeksi seluruh area
Desinfeksi area dilakukan setelah Pekerja Migran Indonesia (PMI)/ Warga Negara Indonesia (WNI) selesai diobservasi di Asrama Haji Pondok Gede dan siap untuk dipulangkan ke tempat tinggal masing-masing sehingga ruangan dapat digunakan dengan aman oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI)/ Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan datang berikutnya.

IMG 20200806 WA0021

3. Survey Vektor penyakit
Kegiatan Survey vektor nyamuk dilakukan oleh tim sanitasi pada seluruh area yang digunakan oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI)/Warga Negara Indonesia (WNI) dan petugas selama melakukan observasi.

IMG 20200806 WA0019

4. Tindakan pengendalian vektor berupa fogging
Berdasarkan hasil survey vektor kemudian dilakukan tindakan pengendalian vector berupa fogging sebagai upaya pencegahan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

IMG 20200806 WA0016

5. Pengelolaan sampah medis dan domestik
Sampah yang dihasilkan dari kegiatan di Asrama Haji Pondok Gede terdiri dari sampah medis (hazmat, sarung, tangan, masker, dll) dan sampah domestik yang berasal dari sisa makanan. Sampah medis dikumpulkan untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan oleh pihak ketiga, sedangkan untuk sampah domestik dilakukan pengambilan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.