Rabu, 17 Juli 2019
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

Peningkatan Kapasitas Petugas Dalam Penggunaan Alat Penunjang Kesehatan

PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS DALAM PENGGUNAAN ALAT PENUNJANG KESEHATAN ( PEMERIKSAAN TELINGA, MATA, EKG, DAN RONTGEN) disusun oleh : drg. Evi Rotua

Dengan berkembangnya pelayaran di Indonesia, semakin banyak masyarakat Indonesia yang bekerja di bidang tersebut khususnya sebagai awak kapal, baik untuk kapal penumpang, kapal angkutan atau kapal kargo, maupun kapal pesiar.
Sesuai Permenkes No. 2348 Tahun 2011 tentang organisasi dan tata kerja kantor kesehatan pelabuhan, bahwa KKP mempunyai fungsi diantaranya adalah pelayanan kesehatan terbatas, rujukan dan gawat darurat medik , pemeriksaan kesehatan haji, kesehatan kerja, kesehatan matra di pelabuhan, pengujian kesehatan nahkoda dan anak buah kapal serta penjamah makanan.

Sebagian besar perusahaan pelayaran baik dalam maupun luar negeri mensyaratkan hasil pemeriksaan secara menyeluruh (medical check up), sehingga banyak awak kapal melakukan pengujian kesehatannya di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok.

Berdasarkan hal tersebut, maka sudah menjadi kewajiban KKP untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan karena pelayanan yang optimal dapat dilaksanakan bukan hanya dengan peralatan terkini tetapi juga harus didukung oleh petugas-petugasnya yang mempunyai  kemampuan dalam mengoperasikannya. Untuk itu, KKP Kelas I Tanjung Priok perlu melakukan peningkatan kapasitas petugas dalam penggunaan alat penunjang pengujian kesehatan khususnya dalam hal ini pemeriksaan Telinga, Mata, EKG dan Rontgen.

    1. Pemeriksaan Telinga

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 dan 30 April 2014 di KKP Kelas I Tanjung Priok dan diikuti oleh 20 orang petugas dari KKP Kelas I Tanjung Priok di Induk dan Wilayah kerja. Selain itu agar tujuan dari kegiatan ini dapat berhasil, maka kami mengundang narasumber yaitu dr. Diani Sawitra Y. Sp. THT yang berasal dari RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara yang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang apa, bagaimana dan tujuan dari alat penunjang kesehatan (pemeriksaan telinga).

    1. Pemeriksaan Mata

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 8 Mei 2014 di KKP Kelas I Tanjung Priok dan diikuti oleh 20 orang petugas dari KKP Kelas I Tanjung Priok di Induk dan Wilayah kerja. Selain itu agar tujuan dari kegiatan ini dapat berhasil, maka kami mengundang narasumber yaitu dr. Upik Mahna Dewi, Sp.M yang berasal dari RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara yang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang apa, bagaimana dan tujuan dari alat penunjang kesehatan (pemeriksaan mata).

    1. Pemeriksaan EKG

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16, 19 dan 20 Mei 2014 di KKP Kelas I Tanjung Priok dan diikuti oleh 8 orang petugas dari KKP Kelas I Tanjung Priok di Induk dan Wilayah kerja. Selain itu agar tujuan dari kegiatan ini dapat berhasil, maka kami mengundang narasumber yaitu dr. Eka Ginanjar, Sp. PD, Finasim yang berasal dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta yang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang apa, bagaimana dan tujuan dari alat penunjang kesehatan (pemeriksaan telinga)

    1. Pemeriksaan Rontgen

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 23 Mei 2014 di KKP Kelas I Tanjung Priok dan diikuti oleh 6 orang petugas dari KKP Kelas I Tanjung Priok di Induk dan Wilayah kerja. Selain itu agar tujuan dari kegiatan ini dapat berhasil, maka kami mengundang narasumber yaitu dr. R. Dwi Sumiadji P, Sp.Rad yang berasal dari RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara yang memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang apa, bagaimana dan tujuan dari alat penunjang kesehatan (pemeriksaan telinga).

(drg. Evi Rotua)