Kamis, 18 Juli 2019
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

Penyusunan LAKIP KKP Kelas I Tanjung Priok Tahun 2014

Disusun oleh: Romanika, SKM, M.Kes

Kantor Kesehatan pelabuhan adalah unit pelaksana teknis yang mempunyai tugas pencegahan masuk dan keluarnya penyakit menular potensial wabah, kekarantinaan, pelayanan kesehatan terbatas di wilayah kerja pelabuhan, serta pengendalian dampak kesehatan lingkungan. KKP Kelas I Tanjung Priok sebagai pintu gerbang negara Indonesia mempunyai peranan penting dalam cegah tangkal penyakit. Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2009 menyatakan bahwa setiap instansi pemerintah harus mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan sumber daya, pelaksanaan kebijakan dan program dengan cara menyusun laporan akuntabilitas. Laporan ini menggambarkan kinerja instansi pemerintah sebagai media pertanggungjawaban dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan berperan sebagai alat kendali dan penilai kualitas kinerja.

Dalam rangka terus mendorong pelaksanaan “Good Governance” di lingkungan Kementerian Kesehatan dan sebagai salah satu instansi pemerintah di bawah Kementerian Kesehatan serta sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Ditjen PP & PL maka KKP Kelas I Tanjung Priok perlu menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja KKP Kelas I Tanjung Priok. Oleh karena itu, Pertemuan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) KKP Kelas I Tanjung Priok ini dilaksanakan.

Pertemuan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) KKP Kelas I Tanjung Priok dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 19 s.d 20 Januari 2015 di Ruang Rapat Lantai 4 KKP Kelas I Tanjung Priok dengan peserta sebanyak 30 orang pegawai KKP Kelas I Tanjung Priok. Agar tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai, maka kami mengundang narasumber yang berkompeten yang berasal dari Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebanyak 2 orang.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Rudi Widjanarko dan Bapak Mulyadi adalah mengenai Kebijakan dan Rambu – rambu Penyusunan LAKIP pada satuan kerja UPT Ditjen PP dan PL.

Hasil dari kegiatan ini yaitu tersusunnya Laporan Akuntabilitas Kinerja KKP Kelas I Tanjung Priok sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam pelaksanaan kegiatan program dan dapat meningkatkan akuntabilitas sehingga menciptakan kredibilitas yang tinggi dan kepercayaan masyarakat.