Senin, 17 Februari 2020
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!
Uji Kelayakan dan Kepatuhan Bagi Petugas Jaga Pelayanan Kekarantinaan Kapal

Uji Kelayakan dan Kepatuhan Bagi Petugas Jaga Pelayanan Kekarantinaan Kapal

Disusun oleh: dr. Benget Saragih, M. Epid

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang cepat, tepat dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) khususnya Pemeriksaan kesehatan Anak Buah Kapal (Nahkoda), Pemeriksaan Sanitasi Kapal dan Pemeriksaan dokumen kesehatan Kapal pada saat kedatangan dan keberangkatan kapal dari dalam dan luar negeri di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok telah dilakukan uji kelayakan dan kepatuhan bagi petugas pemeriksa Boarding Officer) dan petugas Administrasi dan pencatatan sejak bulan Juli 2014.

Tujuan dari uji kelayakan dan kepatuhan adalah untuk membentuk Tim pemeriksa yang saling bekerja sama, taat pada SOP, dan sesuai dengan kompetensinya. Yang diujikan adalah kemampuan pemahaman teknis pemeriksaan kesehatan Orang, Barang dan alat angkut serta pencatatan dan pelaporan. Selain kemampuan teknis juga dilakukan tes tipe kepribadian petugas dengan menggunakan metode yang digunakan adalah media kuesioner untuk mengetahui karakter dan kepribadian petugas. Tes tipe kepribadian diikuti seluruh pejabat struktural dan staf dilingkungan KKP Kelas I tanjung Priok. Hasil dari tes ini yang memiliki tipe kepribadian tipe 1 sebanyak 14 orang, tipe Kepribadian tipe 2 sebanyak 24 orang, tipe kepribadian tipe 3 sebanyak 20 dan tipe kepribadian tipe 4 = 4 orang.

Dari hasil uji kepatuhan dan kelayakan di tentukan 8 Tim untuk shiff Pagi dan 6 Tim untuk shiff malam dengan syarat setiap Tim terdiri dari :

  1. Tim Boarding dengan kompetensi (Epidemiolog,Sanitarian,Medis) yang menguasai SOP pemeriksaan kesehatan alat angkut beserta isinya dan menguasai Bahasa Inggris.
  2. Administrasi dan pencatatan in dan out clearance kapal yang menguasai komputer dan Aplikasi online pencatatan dan pelaporan SE.
  3. Didalam setiap Tim di tempatkan berbagai Tipe kepribadian agar bisa bekerjasama antar petugas dengan baik.